Skip to content

Penangkaran buaya Asam Kumbang Medan Sumatera Utara

02/12/2016

Melanjutkan tulisan penangkaran buaya Asam Kumbang di balik pagar lapangan sepak bola SMPN 1 Kota Medan (https://onopirododo.wordpress.com/2016/10/28/medan-lagi-cari-cari-sendiri-biasanya-tinggal-terima-kunci/) akhir bulan Oktober 2016, kali ini kunjungan di bulan berikutnya di sekolah tersebut, kami (Dwi Cahyo, Rudi Bhakti, Abdul Munir, dan Alam) menyempatkan mengunjungi destinasi yang sering diliput oleh beberapa stasiun televisi dan media lain.  Akhirnya pada minggu keempat bulan Nopember 2016 atas rasa penasaran kami, dari puluhan kali mengunjungi kota Medan, terbayarkan sudah di bulan Nopember 2016 singgah mengunjungi lokasi penangkaran buaya tersebut.

Kali ini merupakan lanjutan di kegiatan berkaitan dengan guru-guru PJOK SMP Kota Medan sebulan yang lalu, setelah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Kota Medan yang singkat. Dari saat awal sudah berkompromi tim admin yang mengelola empat local kelas, maka dari saat menentukan waktu dan maskapai dari bandara Soetta di Cengkareng sampai hotel tempat menginap merupakan satu paket. Hal tesebut berbeda dengan saat kegiatan awal di akhir bulan lalu, baik tiket pesawat dan hotel mencari sendiri walaupun tiba di Medan belum terlalu malam. Berempat menuju ke bandara di sore hari yang berharap saat magrib sudah tiba di Soetta Cengkareng, berhubung jadwal penerbangan di pukul 19.05 wib dan setelah sekitar dua jam bisa tiba di bandara Kualanamu Medan serta harus menuju hotel dapat ditempuh satu jam karena sudah malam untuk bisa istirahat.

Senin (21/11) pagi hari persiapan dan kegiatan, maka saat istirahat di tengah hari kami sempatkan untuk mengunjungi lokasi lokasi penangkaran buaya Asam Kumbang di Jalan Bunga Raya II No, 59 Sunggal, Kec. Medan Selayang Kota Medan. Dengan menggunakan alat transportasi bentor meluncurlah dari SMPN 1 Medan yang berada di Jl. Bunga Asoka No.6, Asam Kumbang, Medan Selayang, Kota Medan, yang tidak memerlukan waktu yang lama yaitu tidak lebih 10 menit memutar ke kanan dari pintu gerbang sekolah menuju lokasi penangkaran buaya Asam Kumbang yang berada di belakang sekolah.

Setelah melintasi jalan raya dan memasuki jalan perkampungan tiba di halaman tempat penangkaran, dengan membayar tiket non pelajar yaitu Rp. 8.000,-  selanjurnya berbaur dengan pengunjung lainnya. Dari sekian buaya yang ditempatkan di darat yang dibatsi dengan tembok setinggi sekitar 1,5 meter ada buaya-buaya yang berumur hingga 43 tahun. Selain itu sebagian besar buaya-buaya berada di kolam danau yang luas dibatasi pagar yang bersampingan dengan rumah penduduk, sekolah, atau beberapa usaha di sekitarnya.

Berikut beberapa dokumen gambar berkaitan dengan penangkaran buaya Asam Kumbang yang didirikan oleh Lo Tan Muk sejak tahun 1959, dengan menggunakan kamera saku yang saya siapkan.

SAMSUNG CAMERA PICTURES

SAM_1821.JPG

Dari ratusan buaya baik yang di darat maupun di danau salah satu diantara orang-orang yang bekerja (pawang) adalah pak Jemari. Bapak yang berasal dari Kebumen Jawa Tengah ini sudah lebih dari 20 tahun terlibat di penangkaran buaya  Asam Kumbang ini. Pak Jemari dengan ramah melayani, diantaranya atas permintaan salah satu pengunjung dia memberikan umpan buaya dengan melemparkan anak-anak burung Kuntul. Menurut beliau jika malam hari karena berlebihan burung-burung kuntul yang bertengger di pohon-pohon seputar danau yang sebagian rusak dan tumbang, maka burung-burung kuntul tersebut.  Pengunjung yang memesan perlu mengeluarkan biaya seharga 35.000 rupiah untuk pembelian anak-anak burung  atau pun bebek, atau ayam yang diumpankan tersebut.

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Bapak Jemari si pawang buaya di penangkaran Asam Kumbang Medan

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Berlatar belakang jeruji di balik danau Penangkaran buaya Asam Kumbang Medan

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: