Skip to content

Terjebak dan akhirnya kembali ke selera asal “Ucok Durian” di Kota Medan

29/10/2016

Setelah dua malam di hotel Batik Jl. Iskandar Muda Kota Medan sempat meng-update status di facebook: “Dua hari yg lalu cabut gigi G7 kanan bawah, sdh dua malam blm berani coba cicip Ucok Durian. Efek saat di pesawat minum kopi-susu masih berasa ngilu …” Akhirnya pada malam ketiga menyempatkan  keluar hotel untuk mencicipi duren walaupun seorang diri.

batik-hotel

Jam belum menunjukkan pukul 21.00 wib saat berada di depan hotel untuk menunggu alat transportasi yaitu “Becak Motor” atau di Wikipedia disebutkan Becak Mesin. Becak mesin adalah istilah yang digunakan di Sumatera untuk becak yang digerakkan dengan mesin, disebut juga sebagai becak motor. Becak mesin ini merupakan moda yang sangat populer untuk perjalanan dari pintu ke pintu (door to door service). Beberapa menit kemudian dapatlah Bentor bersama abang menghampiri untuk menuju cafe durian.

Dalam perjalanan ada tawaran dari abang bentor kalau ada tempat makan durian baru yang dekat hotel masih di Jalan Iskandar Muda, kata abang bentor “Dengan nominal xx.xxx rupiah bisa makan sepuasnya”. Karena penasaran dan sekedar mencoba berhentilah di depan kios ruko “Durian Bo***g”. Setelah memilih tempat duduk segera minta dibuka satu buah durian dulu, tetapi beda dan aneh tidak seperti kios-kios durian di Medan karena ditimbang dan pesan minuman. Sempat terbesit  dalam benak hati, “ini sih seperti beli durian di supermarket di Jakarta” kurang asyik yang kaku dan jauh dari suasana pasar tradisional yang penuh kekeluargaan, karena bisa tawar harga dan kalau langganan bisa sambil bercanda pula. Bahkan promosi makan sepuasnya ternyata harganya berbeda dengan yang disampaikan oleh abang bentor, menurut pelayannya hal itu berlaku saat di bulan pertama saat setelah pembukaan.

Suasana yang kurang nyaman itu akhirnya memutuskan untuk pindah ke “Ucok Durian” favorit saya dan teman-teman makan durian jika ke Kota Medan. Disamping itu karena ingin membeli dalam paket box untuk dibawa ke Jakarta. Setelah menghabiskan durian dan sebungkus ketan atau pulut segera bergegas membayar di kasir.  Segera pula menghapiri abang bentor yang bersedia menunggu di seberang jalan, akhirnya bergerak ke lokasi TKP kedua yang merupakan pilihan pertama jika berburu durian di Kota Medan.

peta-duren-ucok2

Tiba di lokasi “Ucok Durian”  di Jalan KH. Wahid Hasyim No.30-32, Babura, Medan Baru, Babura, Medan Baru, Kota Medan yang kebetulan si boss sang pemilik sedang berada di tempat anak buahnya membuka durian. Hari Kamis malam itu walaupun bukan di akhir pekan, tetap  rame pengunjung. Mendekati si bos durian yang dipanggil dengan Ucok, karena ia memang asli anak Medan, yang punya nama lengkap Zainal Abidin Chaniago. Akhirnya sekalian minta berfoto berdua, yang dibantu oleh anak buahnya. Sebelumnya sempat bertanya ke beliau “Ini bos asli atau abangnya?” he he (pernah ketukar sama abangnya karena mirip bang Ucok sebagaimana foto saat bersama mantan Presiden RI SBY yang terpampang di tembok interior bangunan).

Setelah pesan di kasir untuk paket box (1 box paket Rp. 250.000 dan 2 box paket Rp. 100.000), akhirnya mencari tempat duduk dekat kasir dan menunggu sajian buah duren yang sudah di buka. Sesi menghabiskan buah pertama selesai sebenarnya tidak ingin menambah lagi, karena sebelum ke lokasi ini sudah menghabiskan satu buah ukuran sedang di lokasi sebelumnya. Karena langsung ditawari buah dengan isi agak kuning atas pilihan yang disajikan oleh bapak Zaianl Abidin alias bang Ucok akhirnya diselesaikan pula buah yang kedua ditempat ini.

Hampir satu jam berada di sini sambil bincang-bincang dengan rombongan keluarga yang berasal dari Kota Medan yang duduk bersebelahan, akhirnya pamitan lebih awal. Berharap bulan depan seputar pertengahan di bulan Nopember 2016 (semoga tugas yang terjadwal tidak bergeser) bisa berkunjung di sini lagi. Semoga ….😊😊

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: