Skip to content

Wira-wiri di Klaten Jateng (bag 1)

20/11/2015

Walaupun saya terlahir di Kulonprogo D.I Yogyakarta, namun kota-kota di Jawa Tengah termasuk yang jarang kukenal saat masih masa-masa sekolah. Ceritanya baru bulan Oktober-Nopember 2015 ini mengunjungi dalam rangka tugas, seperti: Sukoharjo (15 s.d 20 September); Semarang (17 s.d 26 Otober dan 11 s.d 13 Nopember); dan Klaten (18 s.d 21 Nopember). Kota-kota di Jawa Tengah hanya kukenal mana kala melewati jalur-jalur pulang kampung di Kulonprogo dan rumah mertua di Blora.

Kali ini sedikit ketik-ketik di blog ini saat mengunjungi kota Klaten.

Hari Rabu (18/11) memilih penerbangan yang terjadwal di maskapai G*r*da Indonesia 17.20 wib, pagi hari disempatkan melalui fasilitas check in mobil berharap saat waktu boarding pesawat 17.00 wib pun tiba di bandara Soekarno-Hatta tidak terburu-buru. Sore hari sekitar 16.34 wib taxi Ex**ess yang membawa ke bandara pun berhenti di pintu terminal 2 F, segera mengucapkan terima kasih saat memberikan ongkos taxi plus tip pelayanan. Berhubung ada perubahan jadwal kembali ke Jakarta yang sedianya Kamis malam dari bandara Adi Sucipto diganti dengan jadwal penerbangan Minggu sore dari bandara Ahmad Yani di Semarang, maka segera menuju ke counter ticket G*r*da Indonesia di bandara. Akhirnya didapatkan tiket perubahan dari Semarang ke Jakarta dengan menambah biaya sekitar 300 ribu rupiah.

Menjelang waktu boarding 17.00 wib setelah mengambil boarding pass segera menuju di ruang tunggu di gate F 5. Agak sedikit curiga saat terjadwal masuk pesawat tetapi belum ada panggilan dari maskapai, dan baru ada pengumuman menjelang jadwal terbang bahwa pesawat dari Yogyakarta mengalami keterlambatan sehingga jadwal penerbangan ditunda 15 menit walaupun kenyataanya hampir setengah jam baru diumumkan untuk penumpung penerbangan GA258  dipersilahkan masuk.

Di dalam pesawat diumumkan bahwa “harus menunggu sekitar 20 menit dari sekarang untuk kesempatan berada di landasan pacu” maka sedikit bersabar dan berdo’a semoga lancar dan aman. Setelah berada di landasan pacu melesatlah di landasan yang ditandai bunyi roda pesawat masuk di tubuh pesawat pada waktu jam menunjukkan pukul 18.30 wib.

Untuk sedikit menghibur suasana dalam kantuk menunggu  snack dan minuman tiba maka head set music mengiring mata memejam dengan memilih albumnya Keith Jarret Charlie Haden yang termasuk music Jazz. My Old Flame dan lagu kedua My Ship….saat pramugari sudah meletakkan snack di bangku serta menawarkan minuman tambahan.

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Menjelang 30 km dari Yogyakarta diumumkan oleh Pilot bahwa pesawat harus memutar dikarenakan padatnya landasan dibandara untuk menunggu pesawat dipersilahkan mendarat. Kalau waktu penerbangan dari Solo ke Jakarta (13/11) baru pertama kali saya mendengar pilot mengumumkan “kita mendarat di bandara Soekarno-Hatta lebih cepat 12 menit dari waktu yang terjadwal” maka kali ini Jakarta ke Yogyakarta terbang agak lebih lama. Setelah “pusing-pusing” kata orang Malaysia di atas kota Yogyakarta, sekitar pukul 19. 32 roda pesawat menyentuh landasan dengan rem yang agak kuat terasa dengan badan sedikit terbuang ke depan. Sesuai referensi bandara-bandara yang memiliki landasan pendek memang pesawat mendarat agak kasar, semoga berita pindahnya bandara Adi Sucipto ke bandara baru segera terealisasi yaitu di kawasan Glagah Kulonprogo dengan panjang landasan yang ideal untuk sekala bandara Internasional. (Maksudnya biar dekat kampung halaman, hanya sekitar 6 km dari rencana bandara baru di Yogyakarta)

Selepas pukul 20.00 keluar bandara dan mencari taxi untuk segera bisa sampai di alamat yang dikirim Bapak Dwi Swasana yaitu hotel Grand Cokro di jalan Pemuda Klaten.

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: