Skip to content

KONSEP PEMBELAJARAN PADA KURIKULUM 2013

11/04/2015

Menerapkan pembelajaran dalam proses pendidikan formal, tentu hal demikian pun tak jauh dengan apa yang sering diterapkan dalam pendidikan nonformal.

Secara konsep, pelaksanaan pembelajaran sesuai yang tertuang dalam lampiran Permendikbud nomor 103 tahun 2014 tentang pembelajaran pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah tertuang dalam pedoman pelaksanaan pembelajaran.

Pembelajaran  merupakan  suatu  proses  pengembangan  potensi  dan pembangunan  karakter  setiap  peserta  didik  sebagai  hasil  dari   sinergi antara  pendidikan  yang  berlangsung  di  sekolah,  keluarga  dan masyarakat.  Proses  tersebut   memberikan  kesempatan  kepada  peserta didik  untuk  mengembangkan  potensi  mereka  menjadi  kemampuan yang  semakin  lama  semakin  meningkat  dalam  sikap  (spiritual  dan sosial),  pengetahuan,  dan  keterampilan  yang  diperlukan  dirinya  untuk hidup  dan  untuk  bermasyarakat,  berbangsa,  serta  berkontribusi  pada kesejahteraan hidup umat manusia.

Keluarga merupakan tempat pertama bersemainya bibit sikap  (spiritual dan  sosial),  pengetahuan,  dan  keterampilan  peserta  didik.  Oleh  karena itu, peran keluarga tidak dapat sepenuhnya digantikan oleh sekolah.Sekolah  merupakan  tempat  kedua  pendidikan  peserta  didik  yang dilakukan  melalui  program  intrakurikuler,  kokurikuler,  dan ekstrakurikuler.  Kegiatan  intrakurikuler  dilaksanakan  melalui  mata pelajaran. Kegiatan kokurikuler dilaksanakan melalui kegiatan-kegiatan di luar sekolah yang terkait langsung dengan mata pelajaran, misalnya tugas  individu,  tugas  kelompok,  dan  pekerjaan  rumah  berbentuk proyek  atau  bentuk  lainnya.  Sedangkan  kegiatan  ekstrakurikuler dilaksanakan  melalui  berbagai  kegiatan  yang  bersifat  umum  dan  tidak terkait  langsung  dengan  mata  pelajaran, misalnya  kepramukaan, palang merah remaja, festival seni, bazar, dan olahraga.

Masyarakat  merupakan  tempat  pendidikan  yang  jenisnya  beragam  dan pada  umumnya  sulit  diselaraskan  antara  satu  sama  lain,  misalnya media  massa,  bisnis  dan  industri,  organisasi  kemasyarakatan,  dan lembaga  keagamaan.  Untuk  itu  para  tokoh  masyarakat  tersebut semestinya  saling  koordinasi  dan  sinkronisasi  dalam  memainkan perannya  untuk  mendukung  proses  pembelajaran.  Singkatnya, keterjalinan,  keterpaduan,  dan  konsistensi  antara  keluarga,  sekolah, dan  masyarakat  harus  diupayakan  dan  diperjuangkan  secara  terus menerus karena tripusat pendidikan tersebut sekaligus menjadi sumber belajar yang saling menunjang.

Sekolah  merupakan  bagian  dari  masyarakat  yang  memberikan pengalaman  belajar  terencana  di  mana  peserta  didik  menerapkan  apa yang  dipelajari  di  sekolah  ke  masyarakat  dan  memanfaatkan masyarakat  sebagai  sumber  belajar.  Peserta  didik  mengembangkan sikap,  pengetahuan,  dan  keterampilan  serta  menerapkannya  dalam berbagai situasi, di sekolah, keluarga, dan masyarakat. Proses tersebut berlangsung melalui kegiatan tatap muka di kelas, kegiatan terstruktur, dan kegiatan mandiri.

Terkait  dengan  hal  tersebut,  maka  pembelajaran  ditujukan  untuk mengembangkan potensi peserta didik agar memiliki kemampuan hidup sebagai  pribadi  dan  warga  negara  yang  beriman,  produktif,  kreatif, inovatif,  dan  afektif,  serta  mampu  berkontribusi  pada  kehidupan masyarakat, berbangsa, bernegara, dan berperadaban dunia.

Peserta  didik  adalah  subjek  yang  memiliki  kemampuan  untuk  secara aktif  mencari,  mengolah,  mengkonstruksi,  dan  menggunakan pengetahuan.  Untuk  itu  pembelajaran  harus  berkenaan  dengan kesempatan  yang  diberikan  kepada  peserta  didik  untuk mengkonstruksi  pengetahuan  dalam  proses  kognitifnya.  Agar  benarbenar  memahami  dan  dapat  menerapkan  pengetahuan,  peserta  didik perlu  didorong  untuk  bekerja  memecahkan  masalah,  menemukan segala  sesuatu  untuk  dirinya,  dan  berupaya  keras  mewujudkan  ide-idenya.

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: