Skip to content

Final Piala Dunia 2014: Akhirnya Jerman Juara Dunia dengan menaklukkan Argentina 1-0

14/07/2014

Senin (14/7/2014) menjelang pukul 02:00 waktu Indonesia bagian barat lagu kebangsaan kedua tim dikumandangkan, dimulai dari lagu kebangsaan Jerman, kemudian Argentina. Selanjutnya wasit Nicola Rizzoli (Italia) meniup pluit tanda dimulainya babak pertama.

Di menit-menit awal, Jerman terus melakukan ancaman ke gawang Argentina. Akibat pelanggaran Rojo terhadapa Muller di menit ke-3, Jerman mendapat kesempatan melakukan tendangan bebas. Begitu pula hampir saja gawang Neuer bergetar di menit ke-3 ini, berawal dari kerja sama antara Lavezzi dengan Higuain. Lavezzi memberi umpan kepada Higuain, lalu disambut Higuain yang langsung melepas tembakan ke arah gawang Neuer, sayang tendangan agak melabar.

Tim Brasil pada menit ke-9 dengan gempuran Messi pada celah kelemahan pertahanan Jerman di sisi Howedes tercatat dua kali serangan berbahaya yang dilancarkan Messi ke penjaga gawang Neuer, Beruntung operan Messi berlalu begitu saja tanpa disambut oleh rekannya.

Sebaliknya tim Jerman di menit ke-13 tendangan silang Lahm yang mengarah ke arah Klose namun ruang gerak yang sempit, membuat Klose sulit mengeksekusi umpan silang tersebut ke penjaga gawang Romero.

Satu peluang emas terbaik Argentina terjadi pada menit ke-20, Higuain sudah berdiri bebas di depan kotan penalti. Sayang tendangan jarak jauhnya melebar ke kanan gawang Neuer.

Pada menit ke-27 dari sebuah umpan jarak jauh ke arah Klose, gawang Argentina terancam. Beruntung Romero sigap dan menangkap bola

Sedangkan pada menit ke-29: Gol Higuain Dianulir dianulir karena off-side. Umpan yang diberikan Lavezzi tepat di depan gawang disambut Higuain dengan tendangan first time.

Pada menit ke-29 ini pula kartu kuning untuk pemain Jerman Schweinsteiger dan selang beberapa menit kemudian Howedes pun mendapat kartu kuning di menit ke-33

Tendangan pojok Lavezzi ke arah gawang Jerman pada menit ke-35 mengancam Jerman namun berhasil ditangkap oleh Neuer.

Pada menit ke-37 Romero kembali menepis bola dari sebuah tendangan keras yang dilepaskan oleh Schurrle.

Pada menit ke-39 Messi lepas dari kawalan Hummels dan mendekati gawang Neuer, melepaskan umpan namun disapu oleh Boateng.

Waktu 45 menit pertama pertama berlalu dan wasit memberikan waktu tambahan 2 menit. kedudukan masih berimbang 0-0.

Babak kedua dimulai setelah kick off namun tak begitu lama pada menit ke-46 Lavezzi keluar digantikan oleh Sergio Aguero. pada menit ini pula Messi melakukan tendangan kirinya namun melebar ke sisi kiri gawang Neuer.

Pada menit ke-52 Jerman dengan Lahm mencoba melakukan tekanan dengan melakukan solo run, tapi dihadang oleh barisan pertahanan Argentina namun gagal lagi serangan Der Panzer.

Pada menit ke-55 Tim Brasil mencoba keluar dari tekanan dengan menyerang ke gawang Neuer sehingga Higuain berbenturan dengan Neuer yang keluar menjemput bola. Higuain mengalami cedera ringan.

Pada menit ke-58 dari umpan silang Lahm, Klose menyambutnya dengan sundulan, namun berhasil diselamatkan penjaga gawang Brasil (Romero).

Pada menit ke-60 Schurrle memberi umpan kepada Ozil yang sudah berada di depan gawang Romero namun tendangannya melebar ke sisi kanan gawang Romero.

Pada menit ke-64 wasit Rizzoli memberikan kartu kuning kepada Sergio Aguero.

Pada menit ke-66 Klose melakukan pelanggaran sehingga tendangan bebas untuk Argentina yang dieksekusi Messi namun tidak mengancam gawang Neuer.

Di menit ke-69, Howedes melesatkan umpan ke arah gawang Romero, melambung jauh. begitu pula pada menit ke-70, Schurrle hampir membobol gawang Romero, tapi Romero cepat membaca bola.

Menit ke-74: Messi dengan tendangan kaki kirinya kembali mengancam Neuer  sayang tendangan Messi melambung ke sisi kanan gawang Neuer.

Serangan silih berganti dan pergantian pemain Gotse atas Klose hingga babak kedua berakhir kedudukan masih berimbang 0-0. Selanjutnya dengan tambahan waktu 2 x 15 menit pun dimulai. Hingga waktu 15 menit pun kedudukan masih berimbang.

Memasuki menit ke 112 akhirnya gawang Argentina dapat di jebol atas tim Jerman oleh Gotze dengan sukses membobol gawang Romero dengan tendangan kaki kirinya setelah menerima umpan dari Schurrle.

Di penghujung waktu tambahan Jerman tetap melakukan penyerangan hingga berakhirnya pertandingan dengan kemanangan tim Jerman.

BRAVO DER PANZER,

 

 Skuat Der Panzer mengangkat tropi juara Piala Dunia 2014 setelah mengalahkan Argentina 1-0 dalam final Senin dinihari/fifacom/created YUSgambar: http://sport.bisnis.com/read/20140714/58/242244/final-piala-dunia-2014-jerman-unggul-sementara-1-0

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: