Skip to content

Wira-wiri pertama di Kalbar (Sanggau)

21/11/2013

Sudah satu jam lebih diterbangkan atas kekuasaanNya bersama maskapai dengan kode penerbangan GA 504 menjelang mendarat di bandara Supadio di Pontianak (19/11). Cuaca agak buruk sehingga pesawat Boeing 737-500 agak sedikit banyak getaran, apalagi saat menembus awan. Alhamdulillah menjelang pukul 14.30 wib pesawat menapakkan roda-rodanya agak halus saat menyentuh aspal di landasan.

Agak buta untuk menempuh perjalan berikutnya ke kota kabupaten Sanggau pada kali ini, karena baru pertama kali menginjakkan kaki di propinsi Kalimantan Barat walaupun sudah ketiga kali menginjakkan kaki di bumi Kalimantan. Jika tujuannya di Kota Pontianak maka lebih mudah karena ada rekan saat kuliah di S-1 dan S-2 di UNJ Jakarta yang berasal dari Pontianak, sedangkan dari keluaga ada keponakan yang tugas di PLN dan paman dari istri. Berhubung tujuannya lain maka tidak beruasaha menghubungi sehingga hanya menunggu sopir taxi yang telah dipesan oleh ibu Djunaida ketua MGMP PJOK kabupaten Sanggau.

Menikmati cappucino hangat ditemani sepiring pisang sirkaya yang diguyur saos manis berbahan sirsak menjadikan suasana tidak begitu menjemukan. Hampir satu jam menunggu di cafe bandara akhirnya ada kontak dengan rekan perjalanan Tonik Haryanto, dan seorang  yang berseragam baju biru menghampiri kami. Setelah masuk taxi meluncurlah ke tempat tunggu travel yang akan membawa ke kota tujuan, tepatnya di sekitar Kodam Baru. Agak sedikit risau setelah yang dijanjikan travel akan berangkat jam 16.00 belum juga ada tanda-tanda berangkat, sehubungan dari informasi bu Djunaida bahwa masih membutuhkan sekitar 4-5 jam untuk bisa menjangkau hingga tiba di hotel tempat akan menginap.

Sambil ngobrol dan menikmati suasana di pinggir jalan antara bandara dan kota Pontianak, maka sekitar pukul 16.30 kamipun sudah berada di dalam kendaraan. Kijang In**va hitam melaju di jalan dasar beton karena letih kadang mata ini tanpa di sadari terpejam. Sekitar dua jam perjalanan, sopir memberhentikan di parkir sebuah rumah makan khas minang “Tiga Putri” yang tidak begitu faham di daerah tersebut.

Perjalan berlanjut yang masih melintasi jalan baru yang berbeton, maka menjelang pukul 20;00 barulah memasuki jalan yang agak rusak bahkan akhir sebuah lintasan jalan tanah di sisi sungai Kapuas, sungai terpanjang di pulau Kalimantan. Hampir dua jam melintasi perkampungan dan kebun-kebun kelapa sawit, yang sedikit ada kekawatiran dengan keamanan. Maka setelah melihat beberapa pengendara yang juga menggunakan sepeda motor dan mobil beriringan, kekawatiran itupun segera sirna. Menjelang pukul 23;00 kamipun sudah sampai di depan hotel Narita.

Check in di hotel yang sudah dipesan oleh bu Djunaida, akhirnya merapikan badan dan sholat Isya’. Sedikit penasaran suasana malam di pusat kota ini tepatnya Jl. Sudirman, maka sambil jalan kaki mencari snack dan perlengkapan di mini market karena penasaran dengan aroma buah duren kami berdua menuju tukang buah dengan penerangan lampu yang cukup terang itu.

Sambil ngobrol dan menikmati dua buah duren yang cita rasanya lebih ok jika dibandingkan dengan kuliner buah duren di pulau Jawa ditemani secangkir kopi lokal Sanggau. Informasi berbagai hasil alam dan budaya suku Dayak pun kami bincangkan. Seorang bapak yang menggunakan berbagai bahasa (Jawa, Melayu, Dayak) berusia 64 tahun menurut pengakuanya bersuku melayu dan anak bersuku muda Dayak menurut perkiraan belum menginjak usia 25 tahun, ikut menemani suasana malam yang tanpa terasa sudah satu jam menjelang dini hari. Untuk sebuah persiapan kegiatan esok hari maka kamipun minta ijin untuk istirahat.

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: