Skip to content

Tiga hari

01/10/2012

Setelah sholat subuh (28/9) yang sedianya sebelum jam 05.00 wib niat sudah berada di pintu gerbang komplek perumahan tepatnya di samping kacab Bank Mandiri Ruko BSI, karena ada janji untuk dihampiri dekat jalan raya saat menuju ke bandara Soekarno-Hatta di Cengkareng. Baru saja membuka pintu dan belum keluar pintu pagar, ternyata ada taxi Pusaka Jaya group Blue Bird melintas pelan serta sopirnya berusaha memperhatikan kearah rumah. Sambil memperhatikan orang yang berada disamping sopir maka penuh yakin bahwa kendaraan tersebut yang akan membawa kami ke bandara SOETTA Cengkareng.

Segera taxi meninggalkan komplek dengan melewati polsek Parung yang melewati beberapa komplek perumahan Griya Cendekia, Bukit Dago menuju persimpangan Viktor di Pamulang serta menyusuri jalan Serpong Raya di BSD. Melintasi kantor walikota kota Tangerang yang akhirnya sampai di pintu belakang bandara. Sempat isi status di twitter: lewat dodo_dc1 @TMC Polda Metro 5;35: BSD-Soetta padat lancar. Akhirnya tiba di terminal 2 F menjelang pukul 06;30 wib, setelah check in dan menuju ruang tunggu di Gate F 2 serta menuju toilet dan ada kesempatan sholat dhuha di musholla ruang tunggu. Saat sudah berada di ruang tunggu kembali ternyata ada pengumuman bahwa penumpang untuk tujuan Palembang dipindahkan ke Gate 4, akhirnya setelah sekian menit menunggu 20 menit sebelum jam penerbangan kami sudah dianjurkan masuk ke pesawat dengan code penerbangan GA 0118 yang dijadwalkan terbang pukul 7;40 wib.

Menginjak lantai di bandara Sultan Mahmud Badarudin II di Palembang, sesuai rencana sebelum menuju ke LPMP Sumsel di Indralaya dekat kampus UNSRI Palembang ingin jalan-jalan dan kuliner di kota Palembang. Maka menggunakan transportasi non travel dan taxi menjadi pilihan kami, pilihan pertama menggunakan Transmusi hingga berpindah dua kali jalur dan akhirnya berhenti di halte dekat Masjid Raya Palembang. Selanjutnya becak menjadi pilihan dalam perjalanan menuju counter Vico di sebuah ruko (rumah toko) yang berdampingan dengan pek-peknya Pak Raden di Jalan ……..(sedikit lupa, struk hilang he he).

Setelah menunggu mobil travel untuk membawa kami menuju kawasan Indralaya, tepatnya dekat masjid Raya Palembang yang depannya ada air mancur, sehubungan belum pasti kapan kendaraan berangkat sempat ke masjid dan wudhlu untuk niat sholat Jum’at. Namun belum masuk ke masjid sudah di telpon bahwa mobil akan segera berangkat, memang sih seorang musafir yang memiliki hak untuk meninggalkan sholat Jum’at tapi sayang kalau kewajiban itu terlewatkan. Tapi rupanya memang akhirnya harus melanjutkan perjalan, dan akhirnya setelah sekitar satu setengah jam berkendara, akhirnya sampai juga di lokasi. Ternyata saat memperhatikan lokasi menjelang tiba ada komplek pemerintahan kota Indralaya, terminal Indralaya dan kampur UNSRI yang berada di Indralaya, Sumatera Selatan.

Siang itu akhirnya merapikan dan membersihkan tubuh, setelah bertemu dengan rekan-rekan panitia yang sudah sehari sebelumnya tiba, serta masih sempat istirahat dan ngobrol-ngobrol karena kegiatan akan dimulai pada pukul 15.30 wib. Kegiatan akan diawali dengan kegiatan penilaian portofolia peserta diklat yang sudah sejak tiga bulan yang lalu mengikuti in service I dan on the job learning dan akhirnya kegiatan terakhir in service learning 2. Pada hari kedua jadwal yang harus dijalani adalah presentasi yang menampilkan pilihan (the best practise), dimana dari sekitar 40 peserta yang ada masing-masing diberikan waktu sepuluh menit. Sampai menjelang magrib ternyata belum tuntas pula, yang sedianya sekitar pukul 17.30 berharap sudah selesai. Maka malam pun tuntas dan istirahat, berada di Indralaya pada tahun-tahun sebelumnya biasanya selalu menikmati durian Palembang, dan baru kali ini ternyata di pasar Indralaya tidak ada tumpukan durian bisa kami nikmati. Akhirnya malam pun kurang bergairah dan tidak momen untuk ngumpul, bahkan hiburan televisi juga kurang menarik untuk menemani kami berkumpul. Akhirnya selama dua malam itu pun tidak ada acara untuk hanya sekedar jalan-jalan atau berada di tempat kegiatan.

Pada hari ketiga sekitar pukul 07,30 wib maka kami melanjutkan kegiatan dan kegiatan akan ditutup pada sekitar pukul 10,00 wib. Berhubung tiket penerbangan GA 0117 terjadwal pukul 11,20 wib, maka kami pun sedikit cemas untuk bisa tepat waktu tiba di bandara. Sekitar pukul 8,30 wib kami baru meninggalkan lokasi dengan diantarkan oleh bapak Juliani, karena searah ke kota Palembang dan juga kuatir dengan sisa waktu yang ada. Apalagi ada niat untuk mampir membeli oleh-oleh pek-pek Candy yang bersebelahan dengan kantor BNI 46 di jalan Sudirman-Palembang tersebut, namun akhirnya diputuskan untuk langsung ke bandara berhubung waktu telah menunjukkan sekitar  pukul sepuluh saat melaju di depan Candy.

Akhirnya menjelang pukul 10.30 wib mobil yang membawa kami telah berada di depan loby bandara, tentunya ucapan terima kasih sangat kami haturkan karena beliau dengan gesit saat melintasi jalan yang pada tiga tahun terakhir sering mengalami kemacetan. Alhamdulillah … masih ada waktu sebelum check in, untuk membeli makanan khas Palembang tersebut di lingkungan bandara, walaupun tidak bisa mencicipi dan melalui pengiriman paket seperti di counter pusat seperti yang biasa kami lakukan. Sekotak pek-pek dan krupuk telah terbungkus rapi, selanjutnya check in sudah dan menuju ruang tunggu. Karena penasaran dengan ingin mencicipi pek-pek brand lain, maka menuju counter pek-pek Beringin di ruang tunggu adalah pilihan yang pas. Belum habis menuntaskan icip-icip sudah ada panggilan dari pihak penerbangan, bahwa penumpang Garuda Indonesia dengan penerbangan GA 0117 untuk menuju Jakarta harus segera masuk pesawat. Maka sedikit tergesa kami selesaikan icip-icip tek wan dan pek-pek, dan segera masuk ke pesawat.

Tidak lama kemudian maka burung besi yang membawa ratusan orang itupun terbang meninggalkan bumi wong kito. Bye bye Palembang, berharap kegiatan penutup diklat Supervisi Pengawas wilayah pulau Sumatera (Lampung, Bengkulu, Jambi, dan Sumsel) di Palembang ini akan berlanjut di tahun depan. Puji syukur kepada Allah swt bahwa penerbangan pun lancar dan segera mendarat di bandara Soerkarno Hatta setelah menempuh penerbangan sekitar 55 menit di angkasa.

2 Comments leave one →
  1. 14/10/2012 12:25 pm

    what a day……wong kito galo. kayanya pernah juga deh…..kesanan

  2. 17/10/2012 2:08 am

    He he Anna … selalu patner Palembang. Jadinya kulinernya lebih seru….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: