Skip to content

@ Rangkas Bitung

20/09/2012

Menjelang pukul 00;00 wib di komplek LPMP Banten yang terletak di jalan Siliwangi-Pasar One Rangkas Bitung sendiriku dalam kamar wisma Baduy IV.  Di malam kedua menginap di wisma ini menjelang dini hari begitu sepi menemani sudut-sudut bangunan ini. Dari tiga kamar dalam wisma, dua kamar di kanan dan kiri rupanya empat penghuninya telah menembus mimpi, dua rekan dari Palembang dan dua rekan sekantor. Sebetulnya hari kemarin di kamar ini bersama rekan, namun sore hari menjelang pukul 16.00 wib telah meninggalkan tempat ini, untuk menuju ke wilayah Tangerang Selatan. Disamping kegiatan telah selesai, denger-denger putrinya yang nomor kedau sedang demam sejak sehari yang lalu sehingga harus buru-buru pulang untuk merawatnya.

Sudah dua hari ini kegiatan in service learning 2 dalam rangka kegiatan penguatan pengawas sekolah berlangsung, dimana merupakan perjalanan lanjutan setelah sejak hari Senin (17/9) berada di LPMP Lampung di wilayah Pahoman-Tanjung Karang. Perjalanan yang harus dinikmati sejak hari Rabu pagi (19/9) sekitar pukul 06.00 dengan menumpang travel dari dekat pelabuhan Panjang, selanjutnya menyeberang dengan kapal Ferry di pelabuhan Bakauheni menuju pelabuhan Merak di Cilegon Banten. Selanjutnya sekitar pukul 10.00 wib menumpang bus ekskutif dan turun di terminal Serang, yang dilanjutkan dengan ganti bus jurusan Labuan tetapi harus pindah kendaraan lain di persimpatan  empat yang memotong arah Pandeglang-Labuan-Rangkas Bitung dan Serang. Maka menjelang sekitar pukul 15.00 wib tibalah di tempat ini.

Setelah mengelola kegiatan di sore hari, dan melalui waktu magrib walaupun disajikan makan malam namun kami ada undangan untuk makan malam ditempat lain. Kami bersama-sama di undang  kepala pengelola di Lembaga untuk makan malam. Suasana tempat yang berada di belakang rumah, dengan dua buah gazebo di antara empat kolam ikan saat memasuki halaman belakang pun tercium aroma dan asap mengepul dari sudut tempat membakar menu seafood. Maka dua gazebo itu pun penuh dengan menu yang terdiri dari ikan kakap, cumi, udang dan lain sebagainya. Maka rekan-rekan dan tuan rumah yang terdiri hampir 15 orang meramaikan suasana di kebun halaman belakang rumah dinas itu.

Hari kedua pengelolaan kegiatan pun kami lalui dari pukul 7.30 wib hingga pukul 17.oo wib, maka sore ini kami berenam ingin melaksanakan sholat magrib di Masjid Agung di kota Rangkas Bitung yang masih terasa sepi. Ibu kota dari kabupaten Lebak di Banten ini suasananya cukup lengang dan nyaman. Sekembalinya dari JJS dan sholat magrib kami pun segera menuju ke komplek LPMP,  karena sejak siang hari sudah dipesankan bahwa malam ini juga ada undangan untuk makan malam seperti hari kemarin dengan tempat yang sama. Rupanya setelah sebagian berkumpul menjelang pukul 19.00 wib, menu sudah siap, yang kali lebih banyak lagi karena di samping menu seafood juga ada bakso. Sedangkan untuk ikan lautnya hampir mirip dengan kemarin, tetapi ada tambahan ikan tenggiri dan ikan kembung disamping udang, dan cumi seperti yang lalu.

Inilah diantara hidangan kuliner yang cukup mengundang selera,  happy dinner with us.

hidangan 1

hidangan 2 ikan tenggiri

bersama dalam keakraban di dinner pesta kebun

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: