Skip to content

Perjalanan di Tanggal 11 bulan 11 dan tahun 2011

12/11/2011

Menyusuri kata demi kata, paragraf antar paragraf dan judul antar judul di majalah keluaran maskapai nasional pilihanan kedua setelah Garuda Indonesia ini yaitu Sriwijaya Air dengan kode penerbangan SJ 0063 memberikan suasana lain, karena kegelisahan yang berkecamuk akibat penundaan penerbangan yang seyogyanya dijadwalkan 17.20 wib itupun juga karena perubahan jadwal dari yang biasanya. Mungkin bukan karena alasan even Sea Game XXVI yang berlangsung di Jakarta dan Palembang, tetapi sering dialami terutama di maskapai penerbangan lainnya. Bacaan yang saya comot di depan seat 19 A menemani semenjak persiapan take off yang membawa seluruh isi penumpang dari bandara Sultan Thaha Jambi (DJB) menuju bandara Soekarno-Hatta Cengkareng (CGK). Isi majalah yang lebih banyak tema perayaan ulang tahun ke-8 dari maskapai tersebut. Mengulas tentang keindahan beberapa daerah di negeri ini dengan kekayaan budayanya, terutama pulau nan cantik dari asal pemilik maskapai tersebut yaitu pulau Bangka dan Belitung yang dikenal dengan propinsi Bangka Belitung.

Tanpa terasa saat menatap kearah kiri di jendela, bulan purnama nan cantik yang putih dan bulat tepat mengiringi di ujung sayap kiri pesawat yang terus berkepak. Hamparan awan putih yang tak berujung, seakan berada di atas kapas luas sedikit tampak akibat sinaran bulan yang terang bertepatan tanggal 15 Dzukhijah 1432 H atau tanggal 11 bulan 11 tahun 2011 ini.  Terucap “Subhanallah-walhamdulillah-wala ilaha ilallahu Allahu Akbar” yang memberikan rasa kagum dan tak sempat berpikir bahwa sesuatu yang diciptakan dari yang kecil hingga yang besar, dari yang kecil hingga besar semuanya dalam aturan sesuai yang memeliharannya.

Crew pesawat mengumumkan bahwa sebentar lagi pesawat akan mendarat di bandara Soekarno-Hatta Jakarta, saat waktu disebutkan pukul 20.05 wib, dimana tidak ada perbedaan antara Jambi dan Jakarta. Saat ingin melihat bulan ternyata yang tadinya persis segaris dengan sayap pesawat, ternyata harus sedikit menurunkan kepala karena bulan agak sedikit di atas sisi pesawat. Karena pemandangan bulan sulit di lihat maka segera mengarahkan pandangan ke bawah, dan cukup menakjubkan hamparan sinar di permukaan bumi bagaikan tebaran butiran intan terlihatkan oleh warna lampu-lampu, dari bangunan dan rumah, jalan, dan sorot terangnya lampu mobil di jalanan. Begitu luas mengiringi derunya mesin dan sayap pesawat yang mulai di lebarkan untuk lebih merendahnya pesawat menuju landasan.

Greeeg ….. hentakan kecil tanpa terasa pesawat ternyata telah mendarat. Maka dengan santai kamipun siap-siap untuk segera bisa meninggalkan tubuh pesawat, bersama rombongan sejumlah tujuh orang. Terima kasih ya Allah telah engkau terbangkan jasad ini untuk mengagumi dan bersyukur atas segala karunia dan lindunganMU. Semoga tiga hari lagi untuk tugas yang sama Engkau senantiasa berikan kemudahan dan kelancaran dari setiap perjalanan hamba yang tiada memiliki kekuatan apa-apa. Amin ya Rabbal alamin.

Sedikit titip ungkapan bagus yang memberikan sedikit motivasi dan inspirasi dari seorang buta dan tuli yang pernah putus asa akibat kondisinya saat berumur sebelum tujuh tahun tetapi di hari-hari selanjutnya hingga meninggal sukses dalam pendidikan dan karyanya yaitu Hellen Keller (1880 s.d 1968). Sebagian kutuliskan di up date status di wall facebook, yaitu:

“Sesuatu yang terbaik dan terindah di dunia ini,

Tidak dapat dilihat ataupun disentuh…

Kau harus merasakannya dengan hatimu”

…..

….

“Saya hanyalah satu, tetapi saya satu.

Saya tidak dapat melakukan semuanya,

Tetapi saya msh dpt melakukan sesuatu.

Dan karena saya tidak dapat melakukan semuanya,

Saya tidak akan menolak sesuatu yang dapat saya lakukan”

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: