Skip to content

Akhirnya Merasakan Juga …

10/04/2011
1

Mengisi hari ke hari di awal bulan April ini terasa begitu berat, berbagai tugas-tugas baik di kampus dan di kantor yang menumpuk. Begitu pula kondisi keuangan di negeri antah berantah ini, pada pertengahan bulan ini hampir limbung. Hal ini berawal pada bulan sebelumnya dengan kondisi keuangan yang hampir minim karena berbagai kebutuhan yang harus diselesaikan, baik urusan kampus, perpindahan kantor istri yang harus membereskan administrasi dan keuangan. Akhirnya merasakan megap-megap juga, itulah suatu kondisi pertama yang harus dialami tatkala pada waktu-waktu sebelumnya jarang dirasakan. Tatkala tiga buah ATM sudah mendekati titik limit untuk bertahan menghadapi minggu-minggu ke depan hampir mengkhawatirkan. Pada sebuah kenyakinan hanya Allah Maha Kaya, dan hanya kepadaNyalah semua bergantung dalam kondisi-kondisi apapun. Sebuah keyakinan itu yang selalu mengkristalkan hati, sehingga apapun kondisi tiada membuat gelisah dan mengganggu keberadaan.

Mengandalkan honor salah satu kegiatan di luar pekerjaan rutin akhirnya menjadi salah satu harapan yang masih ada, walaupun tidak full karena pada bulan sebelumnya ada beberapa hari yang off karena memang ada kegiatan yang tidak bisa ditinggalkan saat jadwal berlangsung. Berbagai kegiatan yang sudah diselesaikan pun ternyata pembayarannya ditunda, oh ……. sangat menyebalkan. Tapi tetap harus mengikuti kata hati, harus sabar yaa…….. bisiknya. Bahkan dana bantuan pendidikan dari lembaga yang harusnya cair awal awal tahun ini sampai detik ini belum ada kabar berita, untung dengan nota keberatan dari kepala keuangan pihak kampus masih mentolerer kondisi. Semoga kondisi yang berat ini, memberi pembelajaran dan begitu berartinya nilai recehan saat dibutuhkan.

Sebagai hamba ciptaan Allah yang beriman manusia sering menghadapi berberbagai hal yang membuat tidak nyaman dan gelisah, maka dengan dasar ayat 155-156 dalam surat Al-Baqarah kesabaranlah yang harus senantiasa dihidupkan dalam diri.

Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar, (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan, “Innaa lillaahi wa innaa ilaihi raaji`uun.” Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka, dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk. (QS. Al-Baqarah [2]: 155-157)

“Subhanallah Walhamdulillah Wa La illaha illalah Allahu Akbar Wala Howla Wa La Quwata Illah Billah Hil Aleyeel Azeem” Itulah yang selalu menguatkan hati dan menjaga kesabaran. Semoga kita senantiasa diberi petunjuk agar tetap pada ketentuan dan ketetapan Allah Subhanawata’ala. Amin yaa rabbal’alamin.

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: