Skip to content

MENGAPA SARAPAN PENTING?

30/01/2011
tags:
sarapan

Pada saat kehidupan belum serba instan seperti sekarang ini kegiatan pagi hari sebelum melakukan aktivitas harian,  dalam keluarga pasti diawali dengan kumpul di meja makan untuk sarapan pagi. Saat itu jadwal aktivitas masih relatif hampir bersamaan untuk memulai kegitatan pagi, tidak seperti sekarang jam mulai aktivitas harian dan transportasi yang bermacam-macam menjadikan sarapan di pagi hari tidak bisa bersama-sama. Bahkan acara rutin mempersiapkan sarapan dilakukan di dapur adalah rutinitas setiap pagi sebagai bagian dari kegiatan  keluarga, berbeda dengan kondisi sekarang karena alasan cepat dan mudah akhirnya membeli sarapan pagi di luar rumah menjadi pilihan.

Sarapan pagi bagi anggota keluarga terutama bagi anak dalam masa pertumbuhan (anak sekolah) idealnya adalah sepertiga atau seperempat dari kebutuhan nutrisi harian harus tercukupi di saat makan pagi alias sarapan. Namun hal ini sering kali  gagal dalam mencapai target, berbagai sebab misal;  kurangnya pengetahuan tentang ilmu gizi, faktor ekonomi, kesibukan, kurang disiplin waktu.

Sebenarnya sarapan apa yang cocok untuk dikonsumsi dalam kondisi waktu yang terbatas? Untuk mudahnya bahwa mengkonsumsi makanan padat sekedarnya dan minuman manis dapat menjadi solusi. Karena hal itu ada kombinasi glukosa cepat cerna dan glukosa lambat cerna. Makanan yang mudah untuk bekal bila di rumah tidak sempat dikonsumsi, haruslah padat gizi, menarik, dan enak. Hal ini memberi dampak dengan porsi cukup mudah dihabiskan dalam waktu singkat. Misalnya roti isi, martabak mie campur telur, atau nasi goreng telur plus sayur.

Jika porsi makanan belum tercapai, dibiasakan pada anak untuk dianjurkan agar memanfaatkan waktu istirahat untuk  mengkonsumsi bekal. Dengan menghabiskan kudapan yang seimbang kandungan zat gizinya, seperti biskuit, wafer, dan susu kemasan dapat menjadi pilihan untuk menambah asupan kalori anak setelah sarapan.

Makanan yang manis akan meningkatkan kadar gula darah dengan cepat, namun juga lebih cepat menurunnya. Hal ini tubuh akan cepat kekurangan zat gula (glukosa) sebagai sumber energi dan membutuhkan asupan energi lagi dari makanan sehingga anak merasa lapar.

Sebagai makanan alternatif selain makanan kemasan, buah-buahan sangatlah baik sebagai makanan pilihan pengganti. Sebut saja pisang atau apel yang kaya akan vitamin dan mineral serta aman untuk bekal karena masih tertutup oleh kulitnya. Jika membawa bekal mie, karena miskin akan serat maka sebaiknya sertakan campuran sayuran (wortel, sawi hijau misalnya ).

Mengapa sarapan penting, berikut beberapa alasan yang dapat menjadi rujukan:

  • Setelah tidur malam, perut menjadi kosong. Sarapan menjadi energi untuk kegiatan di tengah-tengah aktivitas pagi hari itu.
  • Makanan yang cocok untuk sarapan sebaiknya bervariasi, contoh: keluarga jenis gandum, roti dan sereal bisa disantap. Sebaiknya sertakan protein seperti daging, telur, kacang-kacangan. Buah dan sayur juga penting, sertakan juga susu, yogurt, dan keju.
  • Makanan terbaik untuk sarapan ialah yang memiliki indeks glikemik rendah. Diusahakan agar anak seminim mungkin makan pagi dengan makanan yang telah diproses. Dengan demikian kadar gula darah anak akan stabil hingga waktu makan siang tiba, yang akan berpengaruh pada konsentrasi dan memori anak.

Untuk menjawab dari judul ini, maka beberapa alasan mengapa sarapan pagi yang sehat itu penting:

  1. Dengan sarapan pagi sehat, akan memberi asupan bahan bakar bagi tubuh dan otak sepanjang hari, sehingga anda akan lebih berrkonsentrasi dan tidak mudah mengantuk.
  2. Dengan sarapan pagi sehat, akan mengurangi resiko berbagai penyakit seperti diabetes, jantung, stroke.
  3. Dengan sarapan pagi sehat,  memberi tubuh kekuatan metabolisme yang baik setelah sepanjang malam perut anda kosong, sehingga nafsu makan dan berat badan akan terpelihara dengan baik.
  4. Dengan sarapan pagi sehat, tubuh  kan memiliki kadar gula tubuh/ glucosa yang seimbang sepanjang hari ( Glucosa sangat penting bagi pembentukan sel-sel tubuh manusia ).

Porsi sarapan seperti gambar berikut ini  cukup memberi asupan nilai gizi untuk sarapan, apalagi plus segelas susu tentunya lebih ok.

Bubur ayam

Bubur Manado

 

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: