Skip to content

Meski Harus Tertunda …Kita Tetap dan Terus Berharap

30/12/2010

Pada saat kita belum dekat dengan ALLAH, sering terlintas didalam benak “kenapa sih ALLAH tidak memberikan keinginan-keinginan kita” bahkan kita merasa bahwa ALLAH hanya mendengar do’a-do’a kita, menampung permohonan demi permohonan tapi tidak menjawab do’a yang kita panjatkan. Itulah prasangka berburuk sangka kepada ALLAH padahal sebagai hamba harusnya kita yakin bahwa ALLAH maha mengabulkan semua do’a, termasuk do’a do’a kita tentunya dan ALLAH tidak pernah ingkar janji ketika DIA mengatakan akan mengabulkan semua doa dengan syarat kita yakin bahwa DO’A ini PASTI terkabulkan, tetapi harus sabar dalam menjalani proses-proses yang di telah ditetapkan dengan mempelajari buku manual (buku petunjuk) yang ALLAH telah terbitkan.

Semua ada prosesnya dan proses itu akan lebih terarah manakala mengikuti manual yang talah diberlakukan begitu pula dalam adab berdo’a. Menelaah manual maka saat kita menggunakan produk tertentu, pasti baca dulu buku petunjuk penggunaannya misalnya saat kita memiliki handphone baru, alat elektronika rumah tangga baru atau mobil baru. Maka senantiasa mempelajari manual tersebut sebelum mengopersikan alat yang dimaksud. Sebagai produk Allah SWT maka manusia harus mengikuti manual yang terkini yang dikeluarkan yaitu Al Qur’an yang diperjelas dengan Hadist. Maka bagaimana adab hubungan dengan Maha Pencipta, tentu ada tata cara dan ketentuannya. Demikian pula adab hubungan dengan makhluk-makhluk-Nya pasti juga ada tata cara dan ketentuannya. Dan sebagai manusia tentu ilmu kita tidak akan sampai untuk sekedar mengerti bagaimana ALLAH memproses do’a kita dan memang bukan hak kita untuk tahu semua itu kan? Yang harus kita sandarkan adalah YAKIN dan percaya bahwa tak ada yang tak mungkin bagi ALLAH lalu mengapa harus ragu, mengapa harus khawatir tidak dikabulkan, mengapa meragukan kemampuan ALLAH untuk mengabulkan do’a do’a kita. Semoga kita dijauhkan dari pikiran-pikiran yang negative tersebut, dan semoga senantiasa berharap dibukakan pencerahan untuk hari-hari mendatang. Dalam visi dan misi yang telah kita rancang setahun mendatang.

Jika do’a kita ditunda untuk diberikan hingga waktu yang tepat, jika ditanyakan kepada kita pasti jawaban inginnya secepatnya, padahal ilmu kita tak akan sanggup untuk sekedar mengerti bahwa ALLAH lebih tahu kapan saat yang tepat, semuanya hanya masalah waktu dalam sebuah proses.. Allah itu Ilmu (maha mengetahui), mustahil ]ahlun (bodoh). “Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.” (QS.An Nisa’: 176).

Mengapa ALLAH menunda sebuah do’a, bisa kita bayangkan apa jadinya jika setiap doa kita langsung terkabul, maka akan menjadi manusia yang paling sombong didunia ini, akan menjadi besar kepala karena apa yang diinginkan tinggal minta sama ALLAH. Dengan ditunda segala keinginan kita maka ALLAH akan melihat kesungguhan kita berusaha untuk mendapatkan doa itu sebagai hadiah dari ikhtiar kita bukan pemberian tanpa proses dalam suatu pembelajaran, semua ikhtiar itu ada cara ALLAH untuk mendewasakan kita. Jadi mengerti arti berusaha, jadi punya rasa memiliki, jadi mengerti suatu nilai setelah kita mendapatkan semua itu … jadi saat harus ditunda adalah saat kita harus ikhtiar, lalu biarkan tangan ALLAH yang akan mengatur kapan waktu  yang paling tepat atas do’a hambanya.

Do’a adalah ibadah yang terindah, pengobat segala gelisah, meletakkan harapan pada pemilik kemungkinan, tidak ada yang mustahil bagi ALLAH, datangilah ALLAH dengan hati, menghadap Rabb nya manusia demi memperbaiki yang cacat/rusak  serta menghilangkan keterasingan, kesedihan dan kehilangan.

Semoga bergumul dengan hari-hari di akhir tahun 2010 ini dan memasuki hari-hari di tahun depan , kita  termasuk  dalam kelompok hamba-hamba yang dimuliakan ALLAH, untuk senantiasa mampu minta ridhlo Nya dalam do’a-do’a yang khusyuk. Amin yaa Rabbal a’alaimin.

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: