Skip to content

MAKANAN ENAK DAN MENYEHATKAN ADALAH TEMPE

21/02/2010

Tempeh Master

Tempeh Master

Ternyata pengusaha tempe yang terkenal di Jepang itu bernama Rustono asli Grobogan, Purwodadi, Jawa Tengah. Alumnus Akademi Perhotelan Sahid (masuk tahun 1987), juga pernah bekerja di Hotel Sahid Yogyakarta. Pria berusia 43 tahun yang beristri Tsuruko Kuzumoto itu juga dikarunia dua anak, yaitu Noemi Kuzumoto (11) dan Remina Kuzumoto (9).

Di Jepang sudah banyak buku mengupas tentang tempe. Diantaranya yang terkenal adalah The Book of Tempeh, tulisan William Shurtlet dan Akiko Aoujaga. Buku besar ini lengkap dengan uraian dan ilustrasi tentang pembuatan dan mamfaat tempeh dengan latar belakang budaya Indonesia, terutama Jawa.

Ada juga buku terbitan Asosiasi tempe di Jepang yang dikelola para profesor dan ahli Gizo. Asosiasi ini mengadakan penelitian dan setiap tahun mengadakan seminar tentang tempe. Salah satu kajiannya adalah kandungan gizi tempe tak kalah dari daging sapi.

Berbagai restoran vegetarian di Jepang banyak menyajikan olahan tempe dengan berbagai bentuk olahan Jepang, seperti mishosiru tempe dan tempura tempe. Yang paling terkenal adalah burger tempe.

Mereka memperkenalkan tempe dengan semboyan “Makanan enak belum tentu menyehatkan, makanan tidak enak bisa menyehatkan. Tetapi, makanan enak dan menyehatkan adalah tempe!” Terberitakan pula sebuah perusahaan kosmetik memproduksi bahan kecantikan dengan jamur hasil fermentasi tempe ke dalam kapsul yang dapat menghaluskan kulit.

Soal hak paten yang pernah jadi pergunjingan di negara kita bahwa tempe diklaim Jepang, Rustono menjelaskan, “Ah, itu kesalahpahaman. Bagaimana kita mematenkan tempe yang semua orang sampai di Amerika pun tahu tempe adalah makanan asli Indonesia. Apakah Jepang juga akan mematenkan sashimi atau sushi? Mereka hanya mematenkan olahan burgernya, bukan tempenya.”

Sumber: Kompas, Minggu, 21 Februari 2010

(Penggalan dari GM Sudarta: Impian Besar “Raja Tempe” di Jepang”)

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: