Skip to content

Apa yang anda ketahui tentang kecerdasan jamak (multiple intteligences) dan mengapa hal itu dibicarakan?.

13/02/2010

Kecerdasan jamak yaitu pandangan baru tentang kecerdasan yang dikemukakan Gadner (seperti yang dituliskan Thomas Amstrong “Menerapkan Multiple Intelligences di Sekolah” Kaifa 2004 hal 2), meliputi kecerdasan linguistik, kecerdasan matematis-logis, kecerdasan spasial, kecerdasan kinestetis-jasmani, kecerdasan musikal, kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal, dan kecerdasan natural.

Kecerdasan linguistik yaitu kemampuan menggunakan kata secara efektif, baik secara lisan (misalnya, pendongeng, orator, atau politisi) maupun tertulis (misalnya, sastrawan, penulis drama, editor, wartawan).

Kecerdasan matematis-logis yaitu kemampuan menggunakan angka dengan baik (misalnya, ahli matematika, akuntan pajak, ahli statistik) dan melakukan penalaran yang benar (misalnya, sebagai ilmuan, pemrograman komputer, atau ahli logika).

Kecerdasan spasial yaitu kemampuan mempersepsi dunia spasial-visual secara akurat (misalnya, sebagai pemburu, pramuka, pemandu) dan mentransformasikan persepsi dunia spasial-visual tersebut (misalnya, dekorator, interior, arsitek, seniman atau penemu).

Kecerdasan kinestetis-jasmani yaitu keahlian menggunakan seluruh tubuh untuk mengekspresikan ide dan perasaann (misalnya, sebagai aktor, pemain pantomin, atlet, atau penari) dan keterampilan menggunakan tangan untuk menciptakan atau mengubah sesuatu (misalnya, sebagai perajin, pematung, ahli mekanik, dokter bedah).

Kecerdasan musikal yaitu kemampuan menangani bentuk-bentuk musikal, dengan cara mempersepsi (misalnya, sebagai penikmat musik), membedakan (misalnya, sebagai kritikus musik), mengubah (misalnya, sebagai komposer), dan mengekspresikan (misalnya, sebagai penyanyi).

Kecerdasan interpersonal yaitu kemampuan memersepsi dan membedakan suasana hati, maksud, motivasi, serta perasaan orang lain.

Kecerdasan intrapersonal yaitu kemampuan memahami diri sendiri dan bertindak berdasarkan pemahaman tersebut.

Kecerdasan natural yaitu keahlian mengenali dan mengategorikan species-flora dan fauna-dilingkungan sekitar.

Membaca bukunya Ari Ginanjar (Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual ESQ) maka dapat tambahkan dalam kecerdasan jamak ini yaitu kecerdasan emosi dan kecerdasan spiritual. Goleman (Ari G) berpendapat bahwa meningkatnya kualitas kecerdasan emosi sangat berbeda dengan kecerdasan akal (IQ). IQ umumnya tidak berubah selama kita hidup. Sementara kemampuan yang murni kognitif relatif tidak berubah (IQ), maka kecakapan emosi dapat dipelajari kapan saja. Tidak peduli orang itu peka atau tidak, pemalu, pemarah atau sulit bergaul dengan orang lain sekalipun, dengan motivasi dan usaha yang benar, kita dapat mempelajari dan menguasai kecakapan emosi tersebut. Kecerdasan emosi ini dapat meningkat dan terus terus ditingkatkan sepanjang hidup. Sedangkan kecerdasan spiritual didefinisikan oleh Danah Zohar dan Ian Marshall (Ari G) yaitu kecerdasan untuk menghadapi persoalan makna atau value, yaitu kecerdasan untuk menempatkan perilaku dan hidup kita dalam kontek makna yang lebih luas dan kaya, kecerdasan untuk menilai bahwa tindakan atau jalan hidup seseorang lebih bermakna dibandingkan dengan yang lain

Hal ini sering diperbincangkan baik dalam seminar, lokakarya, diskusi dan lain-lain karena jika pada pemahaman era sebelumnya seseorang dianggap cerdas jika menguasai matematik dan sains. Sedangkan kecerdasan yang lainnya tidak dipertimbangkan seperti yang dikemukakan Gadners, bahwa setiap orang memiliki semua kecerdasan tersebut tetapi dengan tingkat yang berbeda. Hal inilah yang dapat merubah wawasan baru dalam dunia pendidikan. Maka bagi yang berkecimpung dalam dunia pendidikan (pendidik, tenaga kependidikan) maupun orang tua harus mempertimbangkan ini sebagai landasan untuk meningkatkan keterampilan dalam menghadapi dunia nyata, dengan membangun dan mengembangkan kecerdasan majemuk ini untuk tetap eksis dalam waktunya (dunianya).

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: