Skip to content

MANFAAT JALAN KAKI

15/11/2009

Banyak penelitian membuktikan, hanya dengan berjalan kaki selama 30 menit per hari sudah bisa membuat seseorang terhindar dari diabetes mellitus. Berjalan kaki juga terbukti ampuh meningkatkan kepadatan tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis.

Berikut manfaat jalan kaki:

1.      Baik untuk jantung

Berjalan kaki 30 menit per hari dapat mengurangi metabolic syndrome, salah satu penyebab tingginya resiko terkena penyakit jantung, diabetes, dan stroke.

2.      Mengurangi resiko kanker panyudara

Studi yang dipublikasikandi journal of the American Medical Assosiation menyebutkan, berjalan kaki beberapa jam saja dalam sepekan bisa mengurangi resiko terkena kanker panyudara 10-30 persen. Berjalan kaki membuat lemak pada perempuan akan berkurang dan menjadi sumber estrogen.

3.      Membuat tidur lebih nyenyak

National Sleep Foundation menyebutkan, berjalan cepat di sore hari akan membuat tidur lebih nyenyak. Para ahli mengatakan bahwa berjalan kaki akan meningkatkan hormone serotonin yang membuat Anda akan merasa lebih nyaman.

4.      Mengurangi rasa sakit atau nyeri

Berjalan secara teratur akan membuat tubuh menjadi lebih nyaman, karena adanya gerakan yang terjadi apada tubuh, termasuk pergerakan tangan, dan yang paling utama adalah kaki. Berjalan kaki juga mengurangi resiko kram.

5.      Membuat bahagia

Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Texas menyimpulkan, berjalan kaki selama 30 menit dalam sehari bias mengurangi depresi dan stress, karena tubuh manusia memproduksi endorphin, yaitu semacam hormone yang membuat orang menjadi bahagia.

6.      Membuat langsing

Berjalan selama 30 menit /hari dapat mengurangi berat badan. Bahkan hasil sebuah penelitian Brown Uiversity dan University of Pittsburgh menyebutkan, perempuan yang berjalan kaki satu jam selama lima hari dalam satu minggu dan mengkomsumsi 1.500 kalori tiap hari, dapat mengurangi berat badan sebanyak 11,3 kilogramk dalam setahun.

7.     Awet Muda

Beberapa studi yang telah dilakuan menyaran pada manusia untuk lebih sering berjalan kaki karena dapat mengurangi resiko terkena penyakit alzhemir. Berjalan kaki juga membuat otak menjadi aktif.

8.      Mengurangi keropos tulang

Berjalan kaki selama 30 menit sebanyak tiga kali dalam seminggu dapat mencegah dan mengurangi koropos tulang. Berjalan kaki yang menggunakan 95 persen otot tubuh akan membuat tulang lebih kuat untuk menahan beban tubuh.

@sumber: Warta Kota, Minggu, 15 Nopember 2009

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: