Skip to content

PEMERINTAH PERLU KEMBANGKAN DIPLOMASI OLAHRAGA

15/09/2009

Pemerintah perlu mempertimbangkan untuk mengembangkan diplomasi olahraga di dunia internasional, karena dinilai dapat menurunkan ketegangan antar negara, selain diplomasi konvensional. Bahkan diplomasi olahraga sebagai elemen dari diplomasi public, adakalanya dapat sekaligus dipakai untuk memperkenalkan budaya khas Indonesia.

Demikian antara lain yang disampaikan Syaefurrahman, Ketua Panitia Seminar Nasional Olahraga Sebagai sarana Diplomasi di Hotel Bumikarsa Jakarta Senin (14/9), dalam rangka peringatan hari olahraga nasional. Seminar menghadirkan DR. Darmansjah Djumala (Kepala Pusdiklat Deplu) dengan materi ”Soft Power Diplomasi Olahraga”, DR. Mualimin  Abdi (Pakar Hukum Olahraga) dengan materi ”Optimalisasi Pelaksanaan UU tentang Olahraga 3 tahun 2005” dan Sukinta, SH, MH (Pembantu Rektor UNDIP Semarang) dengan materi Peran Lembaga Negara dalam Pengembangan Prestasi dan Diplomasi Olahraga. Seminar juga menghadirkan Menegpora DR. Adyaksa Dault, yang diwakili oleh Deputi IV Bidang Pemberdayaan Olahraga, DR. Yunus Suhairi.

Sesungguhnya diplomasi olahraga sudah sering dipraktekkan meskipun belum menjadi kebijakan umum. Contoh yang paling gres adalah apa yang dilakukan oleh KBRI Moskow pada Februari 2009, yang menggelar diplomasi bulutangkis dengan menghadirkan Sigit Budiarto dari klub Jarum Indonesia, dalam rangka mempererat  kerjasama dengan Rusia.

KBRI Sofia juga menggelar pertandingan olahraga bulutangkis bertempat di Stadion Zala Sofia yang diikuti wakil dari berbagai keduataan besar di Bulgaria. Diplomasi ini dilakukan dalam rangka peringatan HUT RI ke 64 diselenggarakan bekerjasama dengan BBF (Bulgaian Badminton Federation), yang menyediakan lapangan pertandingan.

“Jelas bahwa diplomasi olahraga memang menjadi alternatif yang dapat dilakukan, selain diplomasi konvensional di meja perundingan. Diplomasi olahraga sebagai elemen diplomasi publik adakalanya dapat sekaligus menjadi sarana mengurangi ketegangan ” kata Rahman.

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: