Skip to content

MENINGKATKAN DAYA TAHAN TUBUH

23/07/2009


Dalam usaha untuk menjaga kesehatan tubuh dari serangan penyakit diperlukan dayatahan tubuh, diantaranya dengan berolahraga dan makan makanan gizi berimbang dengan kalori yang dikeluarkan. Olahraga dapat meningkatkan ketahanan tubuh dari serangan penyakit, asalkan dilakukan dengan benar. Hasil riset atas 17.000 alumni Harvard University yang dilakukan dan dimonitor selama 16 tahun menunjukkkan adanya korelasi antara orang yang aktif dan tidak aktif berolahraga dengan penyakit jantung.

Bagi yang aktif berolahraga cenderung memiliki risiko yang lebih kecil mengalami serangan jantung dibandingkan dengan yang tidak berolahraga. Ketahanan tubuh dapat ditingkatkan dengan program olahraga berupa jalan cepat, joging berenang dan bersepeda. Lakukan aktivitas tersebut dengan beban dan intensitas yang rendah dan moderat. Kerja rumah tangga yang dilakukana dengan bersemangat juga dapat meningkatkan dayatahan tubuh seperti: mencuci mobil, membersihkan jendela, mengepel lantai, memotong rumput dll.

Olahraga harus merupakan kebutuhan untuk menjaga kesehatan pribadi, olahraga dilakukan minimal 3 kali dalam seminggu dengan lamanya latihan setiap kali lebih kurang 30 menit. Adapun latihan yang dipilih sesuai dengan kegemaran masing-masing individu dan harus dilakukan secara berkesinambungan. Bagi yang tidak terampil dalam cabang olahraga tertentu dapat memilih jogging, senam di sekitar taman atau halaman yang luas.

Makanan yang bergizi merupakan pendukung bagi pertahanan tubuh. Makanan yang gizinya seimbang dapat memenuhi kebutuhan energi dan petahanan tubuh dari kuman penyakit. Zat gizi yang diperlukan oleh tubuh terdiri dari :

1.      Karbohidrat

2.      Lemak

3.      Protein

4.      Vitamin

5.      Air dan mineral

Kandungan gizi yang tersebut di atas harus tersedia berdasarkan kebutuhan seseorang, semakin aktif seseorang secara fisik semakin diperlukan kandungan karbohidrat yang tinggi, sedangkan protein sangat diperlukan bagi anak pada masa pertumbuhan. Air merupakan bahan yang terbesar dari kandungan tubuh 60 persen dari komponen tubuh adalah air.

Kurangnya cairan dalam tubuh akan mengakibatkan dehidrasi. Vitamin dan mineral merupakan zat penting dalam mengatur seluruh proses pembentukan dan perombakan unsur makanan dan digunakan oleh tubuh untuk beraktivitas, pertumbuhan, zat antibodi dan sistem metabolisme tubuh. Keseimbangan antara olahraga, makanan yang bergizi, istirahat yang cukup merupakan hal yang penting bagi usaha untuk meningkatkan kualitas kesehatan pribadi.

Untuk memperoleh tubuh yang tetap sehat dan bugar diperlukan beberapa cara diantaranya:

1.      Pemeriksaan kesehatan tubuh secara periodik

2.      Makanan yang bernilai gizi tinggi

3.      Pola makan yang teratur

4.      Perumahan yang sehat dan layak

5.      Lingkungan yang bersih dan sehat

6.      Olahraga secara teratur dan cukup

7.      Istirahat yang cukup

8.      Melaksanakan perintah agama (rohani yang sehat)

9.      Menghindari konsumsi narkoba,miras, dan merokok, serta sex bebas.

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: