Skip to content

INSPIRASI BAPAK TUA

18/05/2009

Seorang bapak tua telah menyelesaikan tiap jarak renangan di lintasan 5 dengan penuh semangat, agar tiap jarak yang ditempuh menghasilkan waktu yang lebih baik. Demikian kuamati saat interval latihan renang di kolam renang Tirtamaya 2 Sawangan Golf Depok, yang sudah memasuki renangan 2000 meter. Pemasan 500 meter memotong lintasan dan 1600 meter di lintasan 2 sisi selatan kolam renang itu, dimana tiap 100 meter diselesaikan dengan gaya bebas dan gaya dada.

Ternyata bapak itu bersama istrinya, pada usia sekitar 65 tahun beliau masih sering melakukan aktivitas olahraga renang. Setelah menyelesaikan 300 meter renang relaksasi, kamipun sempat ngobrol, dan ternyata beliau tinggal di Jakarta Barat. Sedangkan saat di hari Sabtu pagi itu, bapak dan ibu mengunjungi anak dan cucunya di kawasan Sawangan _ Depok.

Saya jadi teringat ketika sedang praktek kegiatan lapangan (PKL) di kolam renang Bujana Tirta Bea Cukai di kawasan Rawamangun, setiap dua hari sekali seorang pensiunan dosen Universitas Indonesia melakukan aktivitas renang di sore hari sekitar jam 15.30. Dengan penuh semangat, mantan dosen itu menyusuri dinding kolam, berpuluh-puluh kali dengan renang gaya dada. Betapa beliau sangat menghargai fisiknya sehingga dengan sadar ia melakukan aktivitas fisik secara teratur dan progresif, atau minimal sama dengan latihan sebelumnya. Walaupun hanya berdasarkan jarak tempuh (kuantitas), tidak berdasarkan intensitas (kualitas). Namun ia sadar bahwa dengan melakukan aktivitas latihan fisik akan mempertahan kebugaran, baik fisik dan mentalnya.

Saya jadi sadar, betapa kalau kita mampu menjada kebugaran fisik dari sejak muda akan banyak dampak positif terhadap fisik kita. Apalagi dengan keseimbangan gizi, dan meminimalisir racun yang masuk ke dalam tubuh kita seperti; makanan tidak sehat, polusi, rokok, lingkungan yang kurang sehat, dan sebagainya.

Sampai kapankah kita mampu mempertahan aktivitas fisik dengan baik, yang diawali pemanasan dan peregangan yang baik. Sehingga senantiasa umur bertambah tapi senantiasa daya tahan paru-jantung, daya tahan otot, kekuatan, kecepatan, kelentukan, kelincahan, power dan sebagainya  minimal dapat dipertahankan.

Tempat isi hari libur, berenang di lokasi ini. Seberangan Tamansari Puri Bali

Tempat isi hari libur, berenang di lokasi ini. Seberangan Tamansari Puri Bali

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: