Skip to content

PERSEPSI

16/02/2009

Persepsi adalah proses pemahaman ataupun pemberian makna atas suatu informasi terhadap stimulus. Stimulus didapat dari proses penginderaan terhadap objek, peristiwa, atau hubungan-hubungan antar gejala yang selanjutnya diproses oleh otak. Proses kognisi dimulai dari persepsi. http://id.wikipedia.org/wiki/Persepsi

Persepsi pada hakikatnya adalah merupakan proses penilaian seseorang terhadap obyek tertentu. Menurut Young (1956) persepsi merupakan aktivitas mengindera, mengintegrasikan dan memberikan penilaian pada obyek-obyek fisik maupun obyek sosial, dan penginderaan tersebut tergantung pada stimulus fisik dan stimulus sosial yang ada di lingkungannya. Sensasi-sensasi dari lingkungan akan diolah bersama-sama dengan hal-hal yang telah dipelajari sebelumnya baik hal itu berupa harapan-harapan,nilai-nilai, sikap, ingatan dan lain-lain. Branca (1965) mengemukakan: Perceptions are orientative reactions to stimuli. They have in past been determined by the past history and the present attitude of the perceiver. Sedangkan menurut  Wagito (1981) menyatakan bahwa persepsi merupakan proses psikologis dan hasil dari penginderaan serta proses terakhir dari kesadaran, sehingga membentuk proses berpikir.

Di dalam proses persepsi individu dituntut untuk memberikan penilaian terhadap suatu obyek yang dapat bersifat positif/negatif, senang atau tidak senang dan sebagainya. Dengan adanya persepsi maka akan terbentuk sikap, yaitu suatu kecenderungan yang stabil untuk berlaku atau bertindak secara tertentu di dalam situasi yang tertentu pula (Polak, 1976). http://www.infoskripsi.com/

Kebanyakan dari masyarakat di negeri Indonesia tercinta ini memiliki persepsi selalu positif, selalu baik-baik saja, selalu gak masalah.  Padahal selayaknya persepsi harus imbang, sehingga senantiasa waspada/hati-hati/mempersiapkan terhadap hal-hal yang negatif. Misalnya terhadap kesehatan, sudah ada gejala yang menunjukkan bersin-bersin menjelang influensa tetapi tidak ada tindakan mengantipasi. Sehingga bukannya meningkatkan daya tahan tubuh, tetapi klo sudah terkena influensi baru bingung mencari obatnya. Padahal selayaknya meningkatkan daya tahan tubuh dengan asupan gizi yang imbang dan melakukan aktivitas jasmani (olahraga) yang cukup sesuai kemampuan fisiknya dengan progresif.

Sering mengungkapkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, atas diberikannya rezki, kesehatan, kebahagiaan dsb. Namun bersyukur hanya dengan ucapan, tanpa berbuat untuk mengimplementasikan syukur yang sesungguhnya. Jadi klo bersyukur atas kesehatan ya seyogyanya bagaimana meningkatkan dan memelihara derajat sehat dengan senantiasa memberikan asupan gizi yang imbang, makanan halal, tidak memasukkan racun-racun kedalam tubuh, serta menjaga fisik senantiasa mampu bekerja sesuai dengan yang dibutuhkan. Klo bekerja cuma duduk di meja kantor tetapi mempunyai keluhan-keluhan pegal-pegal, capek, otot kaku dsb. Maka berarti untuk tugas yang ringan saja bermasalah, berarti fisik tidak pernah dilatih untuk bergerak lebih dari yang sehari-hari dilakukan. Sudah seharusnya melatih fisik dengan kapasitas aerobik yang lebih tinggi. Misalnya aktivitas terus-menerus setara 30 menit berjalan dalam setiap minimal 48 jam ( dua hari sekali) atau seminggu tiga kali.

Katanya bersyukur………………. sudah tahu rokok meracuni tubuh, minuman keras merusak organ tubuh, narkoba mengganggu sistem kerja otak. Hal itu masih senantiasa dikomsumsi selayaknya makan-minum  sehari-hari. Harusnya sudah berfikir bagaimana makan-minum yang bermanfaat bukannya memasukkan asupan makan-minum dalam tubuh yang merugikan tubuh.

Katanya bersyukur………………….. sudah tahu aktivitas gerak fisik yang teratur, berkala, progresif dapat meningkatkan kebugaran fisik. Tetapi aktivitas jasmani yang meningkatkan kebugaran tidak pernah dilaksanakan dalam dua hari sekali (seminggu tiga kali), kadang-kadang seminggu sekali pun tidak disempatkan. 

Apa kata dunia……………… ingin sehat, tetapi hal-hal yang mendukung kesehatan tidak dilakukan. Apakah itu bersyukur?

Tanyakan dalam hati kita apakah bersyukur cukup dengan melafalkan, cukup dengan mengamini.

Tentunya diri kita masing-masing punya jawaban ………………..???

Ada yang jawab minggu ini hari Rabu jam 16.00 s.d 17.30 jadwal bulutangkis, hari Jum’at jam 08.00 s.d 10.00 bulutangkis, hari Minggu jam 08.00 s.d 10.00 jadwal berenang bersama keluarga.

Ada yang jawab minggu ini saya hanya hari Minggu jam 06.00 s.d 07.00 jogging di lingkungan kampus UI.

Ada yang jawab ……………….. macem-macem dehhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh

 

One Comment leave one →
  1. Faisal permalink
    09/12/2009 1:20 pm

    kok referensi nya ngak da

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: