Skip to content

Maka Bergeraklah Untuk Mengoptimalkan Tugas Otak

01/12/2008

Instrumental Mirage (Kitaro) mengiringi huruf-huruf ini. Kuawali pagi ini setelah bangun tidurku dengan sholat  subuh di musholla yang dilanjutkan dengan menyimak ayat demi ayat di program Qur’an player 2.0 keluaran Sahrya informa yang kubeli saat Indocomtech 2007 di JHCC.

 

Gemercik air menyertai bangunku, dalam benak berprasangka hujan masih turun, tetapi ternyata air dari torn tetangga memenuhi bak itu. Karena saat aku pulang malam hari hujan mengiringi perjalananku sampai di rumah. 

 

Tahun ini ada perubahan dalam dalam proses berfikirku dan kegiatan fisikku. Mulai bulan Februari setelah banyak membaca buku-buku tentang otak yang ada di kepala kita. Selain buku Senam Otak, Right Brain Mengembangkan Kemampuan Otak Kanan untuk Kehidupan yang Lebih Berkualitas, Membangunkan Raksasa Tidur, Brain Gym, dll. Buku yang mengantarku untuk merubah kebiasaanku dalam penggunaan aktifitas jasmani yaitu buku Membangunkan Raksasa Tidur. Inti buku menurut pikiranku yaitu bagaimana diri kita bagaimana otak kita berfikir.

 

Maka bergeraklah untuk mengoptimalkan tugas otak yang berfungsi antara lain: pusat sensasi, pusat motorik, penalaran, berfikir ada pada bagian CORTEX CEREBRI(otak besar). mengatur gerakan, keseimbangan tubuh, postur ada pada bagian CEREBELLUM (otak kecil). mengatur pernafasan, mengatur denyut jantung, mengatur tekanan darah ada pada bagian TRUNCUS CEREBRI (batang otak besar). mengatur temperatur, mengatur banyak kegiatan tubuh, mengatur lapar dan haus, mengatur kegiatan seksual ada pada bagian HYPOTHALAMUS. mengatur proses sensorik tubuh sebelum menuju kulit otak, mengatur pergerakan adap pada bagian THALAMUS. mengatur emosi ada pada bagian SISTEM LIMBIK. mengatur memori ada pada bagian HIPPOCAMPUS.mengatur pergerakan ada pada bagian NUCLEI BASALIS. pelumas otak ada pada SISTEM VENTRIKEL.

 

Jadi apa yang kita pikirkan (impikan, angan-angan, harapkan, berandai-andai) itu menjadi dasar yang akan kita raih.

 

Oh ya…. perubahan secara jasmani pada awal tahun ini misalnya sering menggunakan tangan kiri untuk kegiatan sehari-hari seperti gosok gigi, buka handle pintu, lempar-tangkap bola, dll. Ternyata belajar keterampilan gosok gigi menjadi otomatis butuh sekitar dua bulan untuk menjadi lancar.  Bisa dibayangkan itu yang dilakukan sehari minimal dua kali. Padahal dalam kegiatan yang lain tangan kiri ini sudah sering diaktifkan, misalnya waktu setelah sholat saat baca tasbih kugunakan tangan kiri. Waktu mengetik kesepuluh jariku ditugaskan pada masing-masing tugasnya. Huruf a, s,d, f dan g dengan keempat jari tangan kiri, disamping meng ”cover” huruf q, w, e, r, t  dibarisan atas dan huruf z, x, c, v , b dibarisan bawahnya. Sebaliknya jari tangan kanan huruf h, j, k, l, ; serta huruf-huruf dibarisan atasnya dan huruf-furuf dibawahnya.

 

Sudah ahhh….harus pergi dulu…………..

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: