Skip to content

SEHAT MENTAL DENGAN OLAHRAGA

03/09/2008

Olahraga tidak hanya bagus untuk kesehatan tubuh tetapi kesehatan mental juga terjamin baik apabila kita mau aktivitas gerak secara berkala. Maka dengan memahami konsep-konsep pendidikan jasmani dan olahraga yang benar diharapkan setiap individu dapat mengelola aktivitas fisik (gerak-istirahat) dan memberikan asupan gizi dengan baik.

Tidak perlu sampai berjam-jam, cukup dengan meluangkan waktu 30 menit lamanya. Semakin rutin kita berolahraga maka akan semakin banyak pula manfaat yang bisa diambil, seperti yang dikemukakan oleh Daniel M. Landers, profesor ilmu kesehatan fisik dan olah raga dari Univeritas Arizona.

1. Olahraga dapat meningkatkan kekuatan otak
Tubuh setelah berolahraga akan memompa lebih banyak darah sehingga kadar oksigen dalam peredaran darah juga meningkat yang ujungnya mempercepat pemasukkan darah ke otak. Nah, kalau otak cukup mendapat asupan darah maka daya reaksi, konsentrasi, kreativitas dan kesehatan mental kita akan meningkat.

2. Olahraga dapat menambah ketajaman pikiran
Penelitian baru-baru ini membuktikan bahwa dengan hanya berolahraga ringan seperti berjalan kaki saja dapat membantu tubuh mencegah penurunan daya kerja otak pada wanita lanjut usia. Semakin lama dan seringnya kegiatan berjalan kaki ini dilakukan maka ketajaman pikiran juga akan semakin membaik. Kegiatannya tidak perlu terlalu tinggi intensitasnya, cukup dengan berkeliling saja, yang penting daya pacu jantung kita dapat meningkat

3. Olahraga dapat menghilangkan stress
Kalau jantung kita bekerja pada saat berolah raga, maka otomatis konsentrasi pikiran tidak akan terfokus pada urusan pekerjaan lagi. Selain dapat mengalihkan pikiran, aerobik yang rutin juga dapat meningkatkan ketahanan kardiovaskular, sehingga nantinya kita dapat bersikap tidak terlalu berlebihan dalam menyikapi suatu masalah. Aktifitas yang terbukti efektif dalam melawan ketegangan otak adalah aerobik seperti berjalan kaki, bersepeda, renang, jogging dan yoga.

4. Olahraga dapat meningkat perasaan bahagia secara alami
Olah raga terbukti manjur dalam meningkatkan hormon penumbuh rasa bahagia dalam otak kita, seperti adrenalin, serotonin, dopamin dan endorphin, yang merupakan pembunuh nomor satu penyakit hati. Berolah raga selama 16 minggu secara rutin pada orang yang memiliki kadar depresi yang sedang mendapatkan efek bahagia sama besar dengan kadar yang dihasilkan oleh obat penenang

5. Olahraga dapat meningkatkan kepercayaan diri
Sebuah studi kasus di AS membuktikan kalau para remaja yang aktif berolahraga memiliki kadar kepercayaan diri yang sama kuat dengan teman-teman mereka yang memiliki tubuh dan penampilan indah. Kemantapan diri ini terletak pada hasil yang mereka dapatkan, yakni tubuh yang sehat dan kekuatan fisik yang prima.

Sumber : Five Ways Exercises Helps Your Head, Claire Moore, womencentral.msn.com

One Comment leave one →
  1. 07/02/2009 7:53 pm

    saya sangat setuju sekali dengan tulisan anda, harapan qt manusia indonesia sehat jasmani dan mental rohaninya.. Ok.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: