Skip to content

Drs. H. Affandi

01/09/2008

Ketika meniti karir, langkah Affandi mengalir begitu saja. Tidak seperti kebanyakan orang, Affandi hanyalah seperti anak desa lainnya, dia dengan sepeda onthelnya berangkat kuliah dari desa Sri Kayangan Sentolo, Kulon Progo menuju kota Yogyakarta yang berjarak tempuh 24 km. Keingin berkuliah di IAIN Suka (kini UIN) begitu kuat setelah sebelumnya lulus dari Pondok Pesantren Darul Ulum Galur Muhammadiyah tahun 1951, sempat menjadi guru di SD Tuksono Sentolo. Ketika cita-citanya tercapai menyelesaikan kuliah di Fakultas Ushuluddin tahun 1966, karir mulai dilakukaan dengan menjadi dosen di Fakultas Tarbiyah Purworejo yang menjadi anak cabang IAIN Suka Yogyakarta. Tahun 1976 ditarik ke IAIN Suka Yogyakarta, saat itu kemudian ditempatkan di IAIN Semarang. Di IAIN Semarang, Affandi diangkat menjadi dekan hingga akhirnya pensiun tahun 1998. Kembali ke desa menempati rumah neneknya di Bumirejo, Lendah, Kulon Progo dan setahun kemudian tepatnya tahun 1999 diangkat menjadi anggota DPRD Kulon Progo hingga tahun 2004.

Perjalanan karir Affandi sepertinya biasa-biasa saja. Tetapi di balik itu, ada sebuah tekad yang menggelegar di dadanya, dia ingin semua anak-anaknya dapat mencapai karir pendidikan melebihi kemampuannya sebagai Affandi. Tekad itu mulai ‘menggoda’nya semasa kuliah di IAIN dulu, di sela-sela masa perkuliahannya dia sempat menikah terlebih dahulu dengan Siti Hadijah. Dikaruniai enam anak, tiga di antaranya puteri diterapkan pola kerjasama dan pembagian kerja keluarga. Anak-anaknya diwajibkan bershalat jamaah, berpuasa Senin-Kamis, menghemat biaya, dan yang laki-laki semuanya pergi ke kebun dan menimba air. Yang anak-anak perempuan mengerjakan pekerjaan dapur, mencuci, dan menjaga kebersihan lingkungan rumah.

Pola disiplin yang tinggi, dan arif dalam membina dasar-dasar agama, keluarga Affandi akhirnya dikaruniai sukses dalam membina rumah tangga. Keenam anak-anaknya semuanya berhasil meraih pendidikan kesarjanaannya. Anak pertamanya dr. H. Agus Sukoco M. Kes. mendirikan rumah sakit sendiri di Samarinda dan menjadi Ketua Umum PWM Kalimantan Timur. Sedang anak keempatnya DR. H. Agung Danarto adalah dosen UIN dan Ketua Umum PWM Propinsi DI Yogyakarta. Sedang anak-anaknya yang lain adalah Dra. Ani Hidayati, Dra. Azida Fauzi’ah, Dra. Ana Mufidah dan Ahmad Najib, S.P. Doa dan laku prihatin pasangan Drs. H. Affandi dengan Dra. Hj. Siti Hadijah akhirnya terkabul, di antara anak-anaknya sukses dan melebihi pencapaian karir pendidikan kedua orang tuanya.

Kesuksesan keluarga sakinah dari keluarga ini, tidak lepas dari peran besar ibu Dra. H. Siti Hadijah juga, sebagai seorang ibu dari keenam anak-anaknya. Siti Hadijah adalah lulusan PGA Putri tahun 1960, dua tahun kemudian diangkat sebagai guru agama, tahun 1980 mengajar dari Pondok Pesantren Darul Ulum dan akhirnya, dipindahkan di SMP Negeri Bumirejo Lendah tahun 1985. Sukses sebagai guru, tahun 1985 Siti Hadijah diangkat menjadi guru SMU Muhammadiyah Brosot, Galur dan pensiun tahun 2000. “Penghasilan kami selaku orang tua sangat mepet untuk menyekolahkan anak-anak, kami menerapkan pola berhemat dan disiplin kerja yang ketat,” ujar Ibu Siti Hadijah. “Kami lebih mengutamakan mutu penanaman pendidikan dalam keluarga,” tambah Affandi dengan legowo.

Affandi mengabdi di Muhammadiyah dimulai dari PRM Bumirejo, kemudian PCM Lendah dan akhirnya di PDM Kulon Progo sempat menjadi Ketua Umumnya tahun 1985. Kini di masa tuanya 75 tahun (lahir 1933) didudukkan sebagai penasihat PDM, dan mendirikan IAIM (kini STIP) Wates dan sesekali masih memberi kuliah. Sedang istrinya Siti Hadijah adalah penggerak Aisyiyah di Lendah.

Pasangan Drs. H. Affandi dan Dra. Hj. Siti Hadijah kini hanya hidup berdua di desa Bumirejo. Keenam anak-anaknya semua sudah hidup mandiri yang memberinya dengan 25 cucu. Hari-hari senjanya dicurahkan untuk membina masjid “Nurul Akhsan” dengan kegiatan kajian gama, tadarus dan pengajian. Filosofinya adalah lahirkan kader terbaik Muhammadiyah dari ‘rahim’ keluarga sakinah.l amru

Sumber: http://suara-muhammadiyah.com/?p=365

Masa kanak-kanak sewaktu usia SD ataupun SMP aku sering menghabiskan waktu  belajar dan bermain di rumah beliau, baik saat mengaji, bermain,  atau aktivitas air (renang) di dam sungai sebelah selatan rumah bapakk  Affandi. Apalagi saat bulan Ramadhan dari waktu subuhan sampai siang setelah bermain tenis meja atau bulutangkis,  maka majalah anak-anak atau koran harian menemani suasana di musholla. Suasana yang selalu terkenang masa-masa kanak-kanak bersama putra-putri beliau yang sebaya antara lain:  Agung Danarto, Ana Mufidah, Ahmad Najib, dan Arif Mafbug. Selain kenal baik dengan kakak-kakaknya yaitu mbak Ida Fauziah, mbak  Ani, dan Mas Agus Sukoco.

Salam hormat dan maaf atas kenakalan masa kanak-kanak semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan rahmat dan barokah untuk keluarga beliau. Kangen juga dengan masa-masa itu, karena sudah sekitar 15 tahun jarang ke Jogya.

<!– –>

5 Comments leave one →
  1. medy permalink
    31/05/2011 8:32 am

    Salut dan nderek bingah

  2. 11/06/2011 12:24 pm

    Patut untuk diteladani, kita-kita bisa nggak ya seperti beliau?
    Tentang mandi dus dusan di dam (bendung kecil) di sebelah selatan rumah beliau, seingat saya, dulu juga sering mandi disana (SD klas 2-4?), tapi cuma di pinggir doang krna ndak iso renang.

    • 12/06/2011 8:52 am

      Betul mas Susilo, semoga tauladan belia di keluarga dan di masyarakat, memberikan inspirasi kita semua dalam membelajarkan generasi anak-anak kita di jaman yang kurang menikmati suatu proses dalam mencapai tujuan. Masa kanak-kanak yang tak terlupakan, alhamduillah banyak aktifitas fisik dan mental yang mendukung di lingkungan masyarakat, yang mendukung perkembangan selanjutnya walaupun dalam kondisi yang tradisional. (bersahat dengan alam: sungai, sawah, kebun, bukit pohon duwet dll)

  3. ahmad danarto permalink
    12/10/2015 12:27 pm

    mash ingat juga memberi kultum shabis subuh bln ramadhan di masjid Asy Syakirin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: